- Latar Belakang Ilmu Sosial Dasar
Latar
belkang diberikannya ISD adalah banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem
pendidikan kita oleh sejumlah para cendikiawan, terutama sarjana pendidikan,
sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan kita berbau
colonial, dan masih merupakan warisan sistem pendidikan Pemerintah Belanda,
yaitu kelanjutan ari politik balas budi yang dianjurkan oleh Conrad Theodhore
van Deventer. Sistem ini bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga terampil untuk
menjadi “tukang-tukang” yang mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi,
perdagangan, teknik dan keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi kekayaan Negara
- ISI
PENGERTIAN
ILMU SOSIAL DASAR
Yaitu suatu ilmu yang mengkaji masalah-masalah sosial yang berada di tengah masyarakat dewasa ini dengan menggunakan teori(berdasarkan fakta,konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang keahlian dalam ilmu pengetahuan sosial agar manusia khsusnya mahasiswa kita hidup di dunia ini tidaklah sendiri dan tidak boleh berperilaku seenaknya.
Yaitu suatu ilmu yang mengkaji masalah-masalah sosial yang berada di tengah masyarakat dewasa ini dengan menggunakan teori(berdasarkan fakta,konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang keahlian dalam ilmu pengetahuan sosial agar manusia khsusnya mahasiswa kita hidup di dunia ini tidaklah sendiri dan tidak boleh berperilaku seenaknya.
TUJUAN ISD
- Mahasiswa menyadari adanya konflik sosial yang ada d sekitar kita
- Mahasiswa bisa peka dan tanggap terhadap konflik sosial yang ada
- Mahasiswa menyadari bahwa setiap konflik sosial selalu ada penyelesaian
Pemberian
mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terhadap konflik yang ad
di sekitar kita dan mempelajarinya agar kita lebih memahami apa yang ada di
sekitar kita, agar mahasiswa tidak berbuat seenaknya dalam lingkungan sekitar
yang merugikan masyarakat,dan agar mahasiswa selalu menjadi panutan dalam
masyarakat.
Ilmu pendidikan dibagi dalam 3 kelompok besar :
Ilmu pendidikan dibagi dalam 3 kelompok besar :
- Ilmu pengetahuan alamiah
yaitu suatu ilmu yang bertujuan untuk mempelajari alam semesta dari yang terbesar sampai yang terkecil dengan berbagai analisis dari hukum atau rumus yang ditemukan.Dari analisa inilah akan dibuat prediksi. - ilmu pengetahuan sosial
yaitu suatu ilmu yang mempelajari kehidupan sosial dalam sebuah masyarakat dan konfliknya. - Pengetahuan budaya
ilmu yang mempelajari suatu budaya masyarakat yang berkembang saat ini dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat.
ISD &
IPS
Ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial mempunyai hubungan yang kuat satu sama lain,tapi juga mempunyai persamaan dan perbedaan satu sama lain.
persamaan:
Ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial mempunyai hubungan yang kuat satu sama lain,tapi juga mempunyai persamaan dan perbedaan satu sama lain.
persamaan:
- sebagai salah satu pembelajaran untuk mahasiswa
- bukan ilmu yang muncul sendiri
- mempunyai konflik sosial dan pemecahanya
perbedaan
- ilmu sosiak dasar diberikan pada mahasiswa
- ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal
- ilmu sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap.
RUANG
LINGKUP ISD
- konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi oleh konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah tersebut.
- kenyataan sosial yang ad pada masyarakat karena mempunyai latar belakang dan sudut pandangnya.
- masalah yang timbul terkait oleh yang satu dengan yang lain.
- PENUTUP
Masalah
sosial merupakan sesuatu yang bersifat destruktif yang harus segera disudahi.
Walaupun itu berarti tidak mungkin, tapi paling tidak dapat meminimalisirnya.
Maka barang tentu dibutuhkan pendidikan ilmu sosial dasar (ISD) sebagai salah
satu mata kuliah dasar umum di sekolah (MKDU). Karena seperti kita ketahui,
kita tidak dapat mengandalkan hanya berkonsentrasi pada disiplin ilmu tertentu
saja untuk menghasilkan seorang terdidik yang berkualitas dan seimbang serta
tidak meninggalkan kaidah-kaidah yang berlaku dimasyarakat. Selanjutnya akan
lebih baik, kalau ilmu sosial dasar dapat disampaikan di sekolah secara riil
dengan penyampaian berdasarkan contoh atau kalau perlu terjun langsung pada
praktek. Sehingga tidak hanya berkutat pada bidang teori yang bahwasanya hal
itu sangat tidak efektif dan bersifat berputar-putar pada kata-kata yang belum
tentu tahu maknanya.
DAFTAR
PUSTAKA :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar